RSS
Container Icon

Panduan Memahami Label Kosmetik Berbahaya

Jakarta - Semakin banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran.Tetapi, komposisi produk kosmetik yang tidak kita ketahui terkadang membuat kulit tidak seperti yang Anda harapkan.

Semakin banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran, artinya Anda juga mempunyai banyak pilihan dalam menggunakan produk yang sesuai dengan kulit.Tetapi, komposisi produk kosmetik yang tidak kita ketahui terkadang membuat kulit tidak seperti yang Anda harapkan.

Maka penting bagi Anda untuk mengetahui komposisi produk dan informasi penting lainnya. Simak panduannya berikut ini :

Waspadai dengan label 'Alcohol Free'
Dalam produk kosmetik, kata alkohol mengacu pada ethyl alcohol. Meski tertulis alcohol free, namun bisa saja tetap mengandung alkohol jenis lainnya, misalnya cetyl, cetearyl, stearyl atau lanolin alcohol. Efek dari bahan tersebut terhadap kulit pun berbeda dengan ethyl alcohol. Alkohol yang akan membuat kulit kering adalah isopropyl alcohol, jarang dipakai dalam produk kosmetik.

Not Tested on Animals atau Cruelty free

Kendati pernyataan ini mengartikan produk tidak diuji pada hewan, namun bukan berarti kandungan bahan produk tersebut tidak diuji pada hewan. Pada kenyataannya, beberapa kandungan komposisi telah diuji pada hewan sebelum menjadi produk utuh.

Hypoallergenic cosmetics
Produk kosmetik yang berlabel ini artinya tidak menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Meski begitu belum ada prosedur standar yang dipakai untuk memastikan suatu produk tidak menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Noncomedogenic

Label ini menunjukan bahwa produk tersebut tidak mengandung komposisi yang dapat menyumbatkan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

Expiration date atau Shelf time

Setiap produk kosmetik wajib mencantumkan tanggal kadaluwarsa dalam kemasannya. Menyimpan kosmetik dalam tempat yang lembab atau hangat seperti pada kamar mandi akan membuat kosmetik cepat kadaluwarsa.

Kandungan berbahaya
Berhati-hatilah membeli produk kosmetik yang tidak memiliki nomor registrasi dari Departmen kesehatan. Sering ditemukan produk yang mengandung merkuri yang dapat mengakibatkan kanker dan radang otak, karena zat tersebut ikut larut pada peredaraan darah.

(kee/fer)

Sumber: http://wolipop.detik.com/read/2010/08/10/095405/1417036/234/panduan-memahami-label-kosmetik-berbahaya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar