RSS
Container Icon

Kenali Lima Kosmetik Berbahaya untuk Tubuh


JAKARTA, Jaringnews.com - Ada pepatah bilang, 'kecantikan sesungguhnya ada pada kesederhanaan'. Sayangnya, banyak wanita yang tidak pede dengan anugerah kecantikan yang sudah Tuhan berikan, sehingga mereka harus memoles wajah untuk lebih percaya diri. Padahal, memakai make-up secara berlebih ternyata berpengaruh buruk terhadap organ tubuh vital Anda, seperti hati, paru-paru dan ginjal.

Ya, wanita dan make-up memang seperti sepasang sandal yang tak bisa dipisahkan. Tapi, bila Anda bersolek terlalu tebal, justru hal itu bisa membuat Anda berisiko terserang berbagai penyakit.

Bedak, lipstik hingga perona pipi (blush on) adalah make-up yang acap digunakan kaum Hawa untuk mempercantik diri. Tapi, banyak wanita yang tak sadar pemakaian kosmetik tersebut membuat mereka sedang diintai penyakit.

Seperti dilansir Boldsky, ada lima kosmetik yang berbahaya bila digunakan berlebihan.

1. Sabun kecantikan
Tak sedikit wanita yang menggunakan sabun kecantikan dengan harapan membuat kulit menjadi lebih lembut dan putih. Tapi tahukah Anda, sekarang ini banyak sabun kecantikan yang dijual bebas diketahui mengandung ph tinggi yang dapat menghilangkan lapisan asam pada kulit wajah. Hal tersebut membuat kulit rentan terhadap infeksi dan merupakan penyebab utama kanker kulit.

2. Memakai make-up setiap hari (Bedak dll)
Memakai make-up setiap hari dapat berpengaruh pada organ tubuh Anda seperti hati, paru-paru, dan ginjal. Biang keroknya ada pada bahan kimia phthalates yang biasanya digunakan para produsen kosmetik sebagai pelarut make-up dan membuat kosmetik tahan lama. Namun, bahan kimia tersebut sangat berbahaya bagi kulit karena dapat berpengaruh pada organ vital Anda.

3. Perona pipi
Hampir semua wanita yang doyan bersolek selalu menyapu pipinya dengan perona. Alasannya apalagi bila biar terlihat segar dan ayu. Padahal, bahan kimia yang terdapat pada perona pipi dapat berpengaruh pada hormon estrogen Anda. Hal ini dapat membuat sel-sel payudara timbuh tidak normal dalam waktu singkat, yang mengakibatkan resiko terkena kanker payudara.

4. Lipstik
Hingga kini bahan dasar lipstik masih terus diperdebatkan. Pasalnya, salah satu bahannya diketahui adalah timbal, zat racun yang dapat memicu gangguan darah dan otak.

5. Maskara
Bulu mata tak lentik bisa disulap dengan maskara. Ya, kosmetik yang digunakan untuk membuat bulu mata menjadi panjang dan tebal ini merupakan tempat berkembang biak satu juta bakteri cairan dan basi. Selain itu maskara mengandung zat yang berpotensi menyebabkan kanker Polyvinylpyrrolidone (PVP).
(Aml / Kru)
Sumber: http://jaringnews.com/hidup-sehat/bugar/10725/kenali-lima-kosmetik-berbahaya-untuk-tubuh

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar